Lab Bahasa | Laboratorium Bahasa | MEGATECH

Produsen laboratorium bahasa manual, lab bahasa digital, dan lab bahasa komputer

Bahasa yang Paling Sulit untuk Dipelajari

Mempelajari bahasa selain bahasa kita tidaklah mudah. Ada banyak bahasa yang bias dipelajari, tapi beberapa di antaranya lebih sulit untuk dipelajari dibanding bahasa lainnya. Kesulitan mempelajari bahasa relatif bagi setiap orang, tergantung bahasa ibu mereka. Misal, bagi orang Inggris atau Amerika, mempelajari bahasa Prancis bukanlah yang sulit. Namun bagi kita orang Indonesia, mempelajari bahasa Prancis sangatlah sulit karena banyaknya perbedaan struktur dan pronounciation. Karena itu, bagi orang Indonesia yang ingin mempelajari bahasa Prancis, disarankan belajar bahasa Inggris terlebih dahulu. Paling tidak, dengan begitu kita bias lebih paham tentang to be, to have, dan conjugation yang sering muncul di pelajaran bahasa Prancis.
Berikut adalah daftar bahasa tersulit di dunia jika dilihat dari kacamata orang Indonesia.
1. Mandarin
Banyak orang setuju bahwa bahasa Mandarin merupakan bahasa yang sulit, baik dari penutur bahasa Indonesia maupun penutur bahasa Inggris. Namun lain halnya dengan penutur bahasa Korea dan Jepang karena bahasa mereka memiliki kesamaan dengan bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki banyak sekali karakter huruf yang harus dihafalkan. Belum lagi pengucapannya yang memerlukan intonasi yang spesifik. Beda intonasi, beda arti. Belum lagi perbedaan dialek antar kota. Makanya, di setiap film mandarin, mereka pasti menyertakan subtitle huruf Tiongkok walaupun ditayangkan di negeri sendiri supaya orang yang menonton benar-benar mengerti apa yang diucapkan aktor/aktris.
2. Prancis
Seperti yang saya sebutkan di atas, bagi orang Indonesia, bahasa Prancis termasuk bahasa yang sulit untuk dipelajari. Ini dikarenakan banyaknya conjugation yang harus digunakan. Belum lagi perbedaan struktur kalimat seperti Subjek + Objek + Predikat dan bukannya Subjek + Predikat + Objek seperti bahasa Indonesia. Bahasa Prancis juga membagi kata-kata berdasarkan gender. Jadi, ada kalimat feminin ada maskulin.
3. Arab
Sama seperti bahasa Prancis, bahasa Arab juga memiliki kata feminin dan maskulin. Selain itu, ada 28 huruf yang harus dihafalkan serta dipelajari cara penulisannya. Setiap hurufnya memiliki pengucapan yang berbeda di setiap kata tergantung dengan huruf apa ia bertemu.
4. Jepang
Jepang memiliki tiga tipe penulisan yang berbeda yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Selain itu, Jepang juga memiliki tingkatan bahasa yang berbeda. Setiap tingkatan ini digunakan untuk orang yang berbeda, misal bahasa untuk berbicara dengan orang tua berbeda dengan bahasa yang digunakan untuk berbicara dengan teman.
5. Rusia
Yang membuat Rusia menjadi bahasa yang sulit untuk dipelajari adalah miripnya huruf Rusia dengan huruf Alfabet. Bentuknya mirip namun pelafalannya berbeda. Ini membuat kita, orang Indonesia yang terbiasa dengan huruf Alfabet susah untuk mempelajari huruf Rusia.

Contact Us

Jl. Ikan Lodan no. 129 Malang - Jawa Timur

megatech_eng@yahoo.com
081233201275 | 081333129838