Lab Bahasa | Laboratorium Bahasa | MEGATECH

Produsen laboratorium bahasa manual, lab bahasa digital, dan lab bahasa komputer

KELEMAHAN PROYEK PORTABLE DIGITAL EVALUATION (PDE)

Seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan, produk pembelajaran juga terus berinovasi menghadirkan sebuah alternatif. Perkembangan produk IT juga terkadang mengikuti tuntutan pengguna khususnya para akademisi. Semua meniscayakan adanya modifikasi, inovasi dan kreasi yang kemudian melahirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna produk tersebut.

Namun, berbeda halnya dengan proyek pemerintah kali ini tahun 2012. Proyek yang berjudul “PORTABLE DIGITAL EVALUATION” sejati akan menjadi jawaban kemudahan dan kenyaman dalam melaksanakan evaluasi pada pembelajaran. Memang, evaluasi pembelajaran merupakan bagian penting untuk menguji kemampuan anak didik dalam menyerap materi pembelajaran. Banyak sekali metode untuk mengevaluasi kemampuan anak didik. Di sekolah atau instansi pendidikan lainnya, kita mengenal adanya kertas LJK (lembar jawaban komputer) yang digunakan untuk menguji peserta didik. Metode ini cukup populer dan sangat membantu para guru, khususnya dalam melakukan penilaian atas jawaban. Para guru cukup melakukan scanner LJK dan mencocokkan jawaban dengan kuncinya melalui software. Kemudian hasil akhir tertera secara keseluruhan beserta grafik dan komponen penilaian lainnya.

Metode scanner LJK ini sejatinya akan diganti dengan ‘PORTABLE DIGITAL EVALUATION’ (PDE). Harapannya PDE ini dapat menggantikan scanner LJK dengan segala keunggulannya.

Sebagai sebuah produk baru, proyek PDE terkesan dipaksakan. Setelah membaca spesifikasi, ada beberapa kelemahan yang itu menjadikan PDE sebagai sebuah produk yang INPORTABLE.

Berikut beberapa kelemahan dari PORTABLE DIGITAL EVALUATION :

  1. Fitur standar Quiz Evaluator.
    Dengan fitur standar Quiz yang sebelumnya sudah familiar pada sebuah software evaluasi. Penerapan teknologi terkini tidak begitu menonjol
  2. Portable, Mudah dibawa ke mana-manakarena di design untuk dipakai berpindah-pindah kelas, cukup disambung dengan kabel, dan running. Dapat disambungkan dengan Komputer biasa (desktop) maupun Laptop.
    Memang jika kita melihat panel kuis siswa yang terlepas, PDE ini terlihat portable dan mobile. Namun instalasi kabel yang membuat PDE menjadi INPORTABLE.

    PORTABLE meniscayakan sebuah kemudahan dan itu memuat penggunaan teknologi komunikasi nirkabel. Jika komunikasi data masih menggunakan kabel, tetap saja PDE ini menjadi rumit dan tidak sederhana, karena harus membawa kabel kemana-mana.

  3. Harga proyek yang milyaran rupiah, tak sebanding dengan teknologi yang digunakan.
    Sejatinya nilai proyek PDE yang kisaran ratusan juta rupiah bahkan untuk beberapa sekolah, dinilai milyaran rupiah. Tentunya hal ini tidak sebanding dengan teknologi yang digunakan. Dalam hitungan standart, meski menggunakan teknologi terbaru jaringan (wifi) dan ipad basic android (multifungsi) –pun tak menghabiskan lebih dari 2 Milyar rupiah. Sebuah kelemahan proyek yang kita tidak mengetahui hulu dan muaranya atau mungkin ini sebuah pembodohan publik.

Harapannya, dengan hadirnya PDE akan dapat memberikan kemudahan bagi kalangan akademisi. Namun jika kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan seperti saat ini tanpa ada sebuah revisi terobosan maka “PROYEK” PORTABLE DIGITAL EVALUATION berubah nama menjadi “PROYEK” INPORTABLE DIGITAL EVALUATION. INPDE akan membawa dampak penyesalan dan kerumitan instalasi bagi pihak institusi yang menggunakannya. Terutama harus membawa kabel instalasi kemana-mana.

Bahkan untuk selevel “PROYEK” PDE, produk kami telah berhasil diinstalasi di sekolah di Jawa Timur. Produk itu kami namakan Evaluator Quiz (EQ) Pro 450 yang mendukung semua spesifikasi diatas. Tidak PORTABLE karena instalasi pada meja siswa. Produk ini merupakan pelengkap Laboratorium Bahasa, untuk evaluasi pembelajaran lab bahasa. EQ Pro 450 sudah support keyboard PS2 dan Autosms.

Untuk mengatasi ke-INPORTABLE DIGITAL EVALUATION perlu dilakukan inovasi canggih dengan teknologi nirkabel dan menggunakan perangkat yang canggih pula (ipad-android). Saat ini kami memang sedang melakukan penelitian PDE yang benar-benar PORTABLE, yang memanfaatkan teknologi canggih.

Jika anda tertarik, kami siap melakukan uji produk EVALUATOR QUIZ 450, selain itu kami juga siap melayani kerjasama penelitian New PDE dengan teknologi wifi dan android. SEMOGA BERMINAT!

Contact Us

Jl. Ikan Lodan no. 129 Malang - Jawa Timur

megatech_eng@yahoo.com
081233201275 | 081333129838