Lab Bahasa | Laboratorium Bahasa | MEGATECH

Produsen laboratorium bahasa manual, lab bahasa digital, dan lab bahasa komputer

Mengenal Bahasa Esperanto

Banyak yang belum mengetahui mengenai Bahasa Esperanto. Padahal, di Eropa Timur, Esperanto adalah fenomena tersendiri. Bahasa ini banyak digunakan di Eropa Timur khususnya negara pecahan Rusia. Namun tidak ada yang mengakui Esperanto sebagai bahasa resmi mereka. Karena itu, mempelajari Bahasa Esperanto hanya dianggap sebagai iseng-iseng saja. Walaupun begitu, pengguna bahasa ini sudah mencapai angka 2.000.000. Angka yang cukup banyak mengingat Esperanto hanyalah bahasa ‘iseng’.

Esperanto adalah bahasa buatan atau bahasa artificial. Bahasa yang strukturnya sengaja dibuat oleh manusia dan tidak berkembang secara alami seperti bahasa kebanyakan.

1. Pencipta Esperanto adalah Dr. Esperanto. Dalam Bahasa Esperanto, kata ‘esperanto’ berarti ‘orang yang berharap’. Dr. Esperanto memiliki nama asli L.L. Zamenhoff. Dia memperkenalkan bahasanya dalam buku yang ia tulis yang berjudul Unua Libro pada tahun 1887.

2. Zamenhoff menciptakan bahasa ini dengan tujuan untuk membuat bahasa persatuan karena ia menganggap sulit sekali jika harus belajar Bahasa Prancis, Jerman, Inggris, dan bahasa lainnya secara terpisah. Saat itu, Bahasa Inggris belum tersebar luas sehingga tidak ada bahasa persatuan/internasional.

3. Pengguna Esperanto diperkirakan mencapai angka 2.000.000 orang.

4. Esperanto memiliki native speakers walaupun bahasa ini tidak pernah diresmikan di negara manapun. Orang tua yang mengenal Esperanto berbicara pada anaknya dengan bahasa ini sehingga anak tersebut tumbuh dengan menggunakan Esperanto dan menjadi native speakers. Biasanya, orang tua di keluarga in berasal dari negara berbeda dan menggunakan Esperanto sebagai bahasa sehari-hari.lab bahasa

5. Esperanto merupakan bahasa resmi di Akademi Science Internasional di San Marino. Akademi ini didirikan pada tahun 1983 di Republik San Marino.

6. Dalam Esperanto, kata benda tunggal selalu berakhiran O, setiap kata sifat berakhiran A, dan kataketerangan berakhiran E. Dengan begini, tanpa mengetahui artinya pun, kita bisa menebak kira-kira apa yang sedang dibicarakan.

7. Esperanto memiliki bendera sendiri yaitu bendera berwarna hijau dan putih dengan bintang di ujung kiri. Jika anda melihat bendera ini di sebuah web, maka bisa dipastikan website ini juga bisa diakses dalam Esperanto.laboratorium bahasa

8. Banyak sekali yang membenci Esperanto. Pada tahun 1930, Adolf Hitler dan Joseph Stalin membunuh pengucap Esperanto karena dianggap tidak menghargai negara sendiri. Hitler menganggap Esperanto adalah bahasa yang digunakan para Yahudi untuk berkomunikasi secara rahasia. Joseph Stalin pu berpikir bahsa Esperanto adalah bahasa mata-mata. Saat ini pun banyak yang menganggap Esperanto sebagai bahasa bohongan dan yang mempelajari bahasa ini adalah orang yang iseng.software lab bahasa

9. Di awal tahun 1920, Liga Bangsa-bangsa menerima sebuah proposal yang meminta Esperanto diresmikan sebagai bahasa kerja. Proposal ini hampir saja lolos siding persetujuan. Ada 10 delegasi yang setuju dan satu menolak. Yang menolak adalah delegasi dari prancis, Gabriel Hanotaux. Gabriel melihat Esperanto sebagai ancaman terhadap Bahasa Prancis yang saat itu adalah bahasa Internasional.

10. Kebanyakan kata dalam Esperanto berasal dari Bahasa Italia, Prancis, Jerman, dan Inggris. Sebagian kecil berasal dari Bahasa Latin, Yunani, Rusia, dan Polandia.software laboratorium bahasa

11. Kongress Internasional dalam bahasa Esperanto digelar setiap tahunnya sejak tahun 1905, kecuali ketika terjadi Perang Dunia I dan II.

12. Esperanto adalah satu-satunya bahasa yang tidak memiliki irregular verbs atau kata kerja tidak beraturan. Kata kerja tak beraturan selalu menjadi momok bagi orang yang sedang belajar bahasa. Dengan tidak adanya kata kerja ini, belajar Esperanto menjadi lebih mudah dibanding bahasa lain.

13. Pada tahun 1907, pengguna Esperanto terbagi menjadi dua. Satu kelompok merasa Esperanto sudah baik adanya, satu kelompok merasa Esperanto perlu pengembangan. Akhirnya, kelompok kedua melakukan pengembangan sendiri dan menjadikan bahasa tersebut bahasa baru bernama Ido.

14. Ada dua film yang menggunakan Esperanto di naskahnya. Salah satunya berjudul Incubus, film hitam putih yang dibintangi oleh William Shatner sebelum ia memulai serial Star Trek.

Contact Us

Jl. Ikan Lodan no. 129 Malang - Jawa Timur

megatech_eng@yahoo.com
081233201275 | 081333129838