Lab Bahasa | Laboratorium Bahasa | MEGATECH

Produsen laboratorium bahasa manual, lab bahasa digital, dan lab bahasa komputer

Mengenal Dialek-dialek Bahasa Arab

Ada banyak sekali dialek bahasa arab yang tersebar di seluruh jazirah arab. Pertanyaannya adalah, apabila kita ingin belajar bahasa arab, dialek manakah yang harus anda pelajari?

Pada dasarnya, ada dua jenis bahasa arab yaitu bahasa arab klasik dan modern. Bahasa arab klasik adalah bahasa arab yang digunakan di Al-Quran dan digunakan pada abad ke-7 hingga ke-9. Sementara bahasa arab modern adalah bahasa arab yang lebih santai dibanding bahasa arab klasik. Bahasa arab klasik lebih puitis dan ‘kuno’, sedangkan bahasa arab modern banyak menyerap kata-kata asing. Sama seperti bahasa Indonesia klasik yang tercantum dalam buku-buku sastra seperti Layar Terkembang dan Siti Nurbaya, sementara bahasa Indonesia modern seperti sekarang lebih santai dan banyak menyerap kata-kata asing.

Namun jika anda berniat untuk belajar bahasa arab, perlu diingat bahwa tidak ada negara yang menggunakan bahasa arab klasik maupun modern. Di setiap negara, mereka memiliki dialek tersendiri, walaupun mereka mempelajari bahasa arab modern sebagai bahasa formal mereka.

Bahasa Arab Mesir

Mesir memiliki dialek sendiri. 20% pengguna bahasa arab menggunakan dialek Mesir. Dialek ini juga banyak digunakan dalam lagu-lagu berbahasa Arab. Ada yang bilang jika kita mengerti dialek Mesir, kita bisa memahami hampir semua dialek bahasa Arab.

Bahasa Arab Maghrebi

Maghrebi adalah dialek yang digunakan di Moroko, Algeria, Libya, dan Tunisia. Dialek ini cukup banyak digunakan walaupun tidak sebanyak dialek Mesir.

Bahasa Arab Gulf

Dialek Gulf digunakan di negara seperti Kuwait, Saudi Arabia, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Dialek ini adalah yang paling mirip dengan standard bahasa Arab Modern dan Klasik. Karena itu, di Indonesia, banyak yang mempelajari bahasa Arab dengan dialek ini.

Bahasa Arab Sudan

Dialek Sudan hanya digunakan di negara Sudan. Penduduk Sudan cukup banyak sehingga pengguna dialek ini pun cukup banyak. Dialek Sudan dipengaruhi oleh bahasa asli Afrika sehingga memang sedikit berbeda dengan bahasa Arab yang standar.

Bahasa Arab Levantine

Dialek ini digunakan di daerah Levant seperti Lebanon, Cyprus, Palestina, Israel, dan daerah-daerah di sekitarnya.

Dialek bahasa arab lainnya adalah bahasa arab Irak, Najd, Hezaji, Yemeni, dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas, anda bisa memilih mana dialek yang paling cocok untuk anda pelajari. Namun memang, bahasa arab yang paling ideal untuk dipelajari adalah bahasa arab Mesir dan Gulf.

Contact Us

Jl. Ikan Lodan no. 129 Malang - Jawa Timur

megatech_eng@yahoo.com
081233201275 | 081320736800